Sertifikat keahlian

 

Sertifikat Keahlian SKA adalah sebuah bukti tertulis dari sebuah kompetensi dan kemampuan profesi keahlian kerja tenaga ahli bidang (Kontraktor), atau (Konsultan), dengan kualifikasi tenaga ahli sebagai berikut;

Kualifikasi tenaga ahli Jasa Konstruksi adalah;

1. Ahli Utama

2. Ahli Madya

3. Ahli Muda


 

Syarat Pengalaman Pemohon SKA

SKA Muda Pengalaman Minimal diatas 3 tahun untuk D3 dan 1 tahun untuk D4 atau S1

SKA Madya Pengalaman Minimal diatas 8 tahun untuk D3, 6 tahun untuk S1, 3 tahun untuk S2, 1 tahun untuk S3

Utama Pengalaman Minimal diatas 10 Tahun untuk S1 dan D4, 8 tahun untuk S2, 4 tahun untuk S3

 


 

Dalam pengurusan permohonan SKA, ijazah yang di lampirkan dalam permohonan harus sesuai dengan bidang SKA. Berikut akan kami jelaskan secara detail persyaratan kelulusan ijazah / program studi yang diambil :

  • 101 Arsitek,

Kelulusan Ijazah harus dari Sarjana Arsitektur

Arsitek adalah seorang ahli yang memiliki kompetensi untuk merancang dan mengawasi pelaksanaan bangunan gedung, perkotaan dan lingkungan binaan, yang meliputi aspek fungsional, estetika, budaya, dan sosial.

 

  • 102 Ahli Desain Interior,

Kelulusan Ijazah bisa dari Arsitektur atau Sarjana Desain Interior.

Ahli Desain interior adalah seorang ahli yang memiliki kompentensi seni dan ilmu merancang ruangan dalam bangunan dengan tujuan untuk menciptakan ruang yang fungsional, estetika dan struktur keindahan dan manfaat suatu bangunan.

 

  • 103 Ahli Arsitektur Lansekap,

Kelulusan Ijazah Bisa dari Arsitektur atau  Arsitek Lansekap

Ahli Arsitektur Lansekap adalah seorang ahli yang memiliki kompetensi seni dan ilmu merancang lansekap (pertamanan) dengan tujuan untuk menciptakan ruang pertamanan yang fungsional,estetika, dan struktur keindahan dan manfaat suatu pertamanan atau kawasan.

 

  • 104 Teknik Iluminasi,

Kelulusan Ijazah bisa dari Sarjana Arsitek / Teknik Sipil / Teknik Elektro / Teknik Fisika

Ahli Iluminasi adalah seorang ahli yang memiliki kompentensi merancang tata cahaya, baik di luar bangunan maupun di dalam bangunan.

  • 201 Ahli Teknik Bangunan Gedung

Kelulusan Ijazah harus dari Sarjana Teknik Sipil

Ahli Teknik Bangunan Gedung adalah ahli yang memiliki kompentensi merancang, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan struktur bangunan gedung yang menguasai bangunan gedung.

 

  • 202 Ahli Teknik Jalan

Kelulusan Ijazah harus dari Sarjana Teknik Sipil

Ahli Teknik Jalan adalah ahli yang memiliki kompentesi merancang geometri dan struktur jalan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi jalan.

 

  • 203 Ahli Teknik Jembatan

Kelulusan Ijazah harus dari Sarjana Teknik Sipil

Ahli Teknik Jembatan adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur jembatan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi jembatan.

 

  • 204 Ahli Keselamatan Jalan

Kelulusan Ijazah harus dari Sarjana Teknik Sipil

Ahli Keselamatan Jalan adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang, dan menilai seluruh aspek keselamatan jalan.

 

  • 205 Ahli Teknik Terowongan

Kelulusan Ijazah bisa dari Sarjana Teknik Sipil, Geologi, Teknik Pertambangan

Ahli Teknik Terowongan adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur terowongan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi terowongan

 

  • 206 Ahli Teknik Landasan Terbang

Kelulusan Ijazah harus dari Sarjana Teknik Sipil

Ahli Teknik Landaasan Terbang adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk geometri dan struktur landasan terbang, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan komstruksi landasan terbang.

 

  • 207 Ahli Teknik Jalan Rel

Kelulusan Ijazah harus dari Sarjana Teknik Sipil, Teknik Mesin, Geodesi, SUmber daya Air dan Teknik Lingkungan.

Ahli Teknik Jalan Rel adalah yang memiliki kompetensi merancang geometri dan struktur jalan rel, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi jalan rel.

 

  • 208 Ahli Teknik Dermaga

Kelulusan Ijazah  dari Sarjana Teknik Kelautan atau Sarjana Teknik Sipil

Ahli Teknik Dermaga adalah ahli yang memilik kompetensi merancang bentuk dan struktur dermaga, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi dermaga dan melakukan pengawasan pekerjaan dermaga.

 

  • 209 Ahli Teknik Bangunan Lepas Pantai

Kelulusan Ijazah bisa dari Sarjana Teknik Sipil / Teknik Kelautan

Ahli Teknik Bangunan Lepas Pantai adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur bangunan lepas pantai, melaksanakan konstruksi bangunan lepas pantai.

 

  • 210 Ahli Teknik Bendungan Besar

Kelulusan Ijazah bisa dari Sarjana Teknik Sipil / Teknik Pengairan / Teknik Geologi / Teknik Geoteknik / Teknik Mesin / Teknik Elektro / Teknik Lingkungan, Teknik Fisika

Ahli Teknik Bendungan Besar adalah ahli yang memliki kompetensi merancang bentuk dan struktur bendungan besar, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi bendungan besar,yang meliputi Bendungan Urugan, Bendungan Beton, Bangunan Pelengkap Bendungan, Geoteknik Bendungan, Hidro-Elektro Mekanikal Bendungan, Sistem Instrumentasi Pengukuran Bendungan dan pekerjaan aspek lingkungan pekerjaan.

 

  • 211 Ahli Teknik Sumber Daya Air

Kelulusan Ijazah bisa dari Sarjana Teknik Sipil / Teknik Pengairan

Ahli Teknik Sungai dan Drainase adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur sungai dan drainase, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi sungai dan drainase.

 

  • 214 Ahli Teknik Pembongkaran Bangunan

Kelulusan Ijazah harus dari Sarjana Teknik Sipil, teknik mesin, Teknik Pertambangan (peledakan)

Ahli Teknik Pembongkaran Bangunan adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang pembongkaran bangunan gedung sesuai kondisi lingkungan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan pembongkaran bangunan.

 

  • 215 Ahli Pemeliharaan & Perawatan Bangunan

Kelulusan Ijazah bisa dari semua jurusan Teknik

Ahli Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan adalah ahli yang memiliki kompetensi melaksanakan dan mengawasi pekerjaan pemeliharaan dan perawatan bangunan.

 

  • 216 Ahli Geoteknik

Kelulusan Ijazah bisa dari Sarjana Teknik Sipil / Teknik Geologi

Ahli Geoteknik adalah ahli yang memiliki kompentensi melaksanakan pengukuran dan uji kekuatan daya dukung tanah dan menilai jenis-jenis tanah pada lokasi yang akan didirikan bangunan.

 

  • 217 Ahli Geodesi

Kelulusan Ijazah bisa dari Sarjana Geodesi dan Geomatika / Oseanografi

Ahli Teknik Geodesi adalah ahli yang memiliki kompetensi melaksanakan pemetaan tanah dan atau laut dengan metode teristis, fotogrameris, remote sensing maupun GPS yang di perlukan sebagai dasar merancang bangunan dan atau wilayah tertentu.

  • 301 Ahli Teknik Mekanikal

Kelulusan Ijazah harus dari Sarjana Teknik Mesin

Ahli Teknik Mekanikal adalah ahli yang memiliki kompentensi merancang bentuk dan struktur mekanikal pada bangunan tertentu atau di luar bangunan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi mekanikal.

 

  • 302 Ahli Teknik Sistem Tata Udara & Refrigerasi

Kelulusan Ijazah harus dari Sarjana Teknik Mesin / Teknik Fisika

Ahli Teknik Sistem Tata Udara dan Refigerasi adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur sistem tata udara dan refigerasi, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan dan konstruksi sistem tata udara dan refigerasi.

 

  • 303 Ahli Teknik Plambing & Pompa Mekanik

Kelulusan Ijazah harus dari Sarjana Teknik Mesin/Teknik Penyehatan/Teknik Lingkungan

Ahli Teknik Plambing dan Pompa Mekanika adalah ahli yang memiliki kompentensi merancang bentuk dan struktur plambing dan pompa mekanik, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi plambing dan pompa mekanik.

 

  • 304 Ahli Teknik Proteksi Kebakaran

Kelulusan Ijazah harus dari Sarjana Teknik Mesin

Ahli Teknik Proteksi Kebakaran adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur proteksi kebakaran pada bangunan, memasang dan mengawasi pekerjaan konstruksi kebakaran pada bangunan.

 

  • 305 Ahli Teknik Transportasi Dalam Gedung

Kelulusan Ijazah bisa dari Sarjana Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Fisika

Ahli Teknik Transportasi Dalam Gedung adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk, struktur, instalasi transportasi dalam gedung serta Instrumen transportasi dalam gedung, melaksanakan & mengawasi pekerjaan pemasangan struktur, instalasi transportasi dalam gedung.

  • 401 Ahli Teknik Tenaga Listrik

Kelulusan Ijazah bisa dari Sarjana Teknik Elektro / Teknik Tenaga Listrik (EF) / Teknik Mesin, Teknik Fisika

Ahli Teknik Pembangkit Tenaga Listrik adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk, struktur, sistem instrumentasi dan sistem kendali pembangkit tenaga listrik, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi pembangkit tenaga listrik dan pemasangan instalasi pembangkit tenaga listrik.

 

  • 405 Ahli Teknik Elektromika & Telekomunikasi Dalam Gedung

Kelulusan Ijazah bisa dari Sarjana Teknik Elektronika / Teknik Telekomunikasi (ET) / Teknik Mesin, Teknik Fisika

Ahli Teknik Elektronika dan Telekomunikasi Dalam Gedung adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang sistem instrumentasi dan sistem kendali, merancang bentuk dan struktur elektronika dan telekomunikasi dalam gedung, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi elektronika dan telekomunikasi dalam gedung dan pemasangan instalasi elektronika dan telekomunikasi dalam gedung.

 

  • 406 Ahli Teknik Sistem Sinyal Telekomunikasi Kereta Api

Kelulusan Ijazah bisa dari Sarjana Teknik Elektro (EL) / Teknik Mesin/ Teknik Elekronika dan Telekomunikasi / Teknik Mesin / Teknik Informatika (IF)/Teknik Telekomunikasi (ET) / Teknik Fisika/Teknik persinyalan kereta Api

Ahli Teknik Sistem Sinyal Telekomunikasi Kereta Api adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur sistem sinyal telekomunikasi kereta api, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi sistem sinyal telekomunikasi kereta api dan pemasangan instalasi sistem sinyal telekomunikasi kereta api.

  • 501 Ahli Teknik Lingkungan

Kelulusan Ijazah harus dari Sarjana Teknik Lingkungan

Ahli Teknik Lingkungan adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur teknik lingkungan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi teknik lingkungan dan pemasangan instalasi Teknik Lingkungan.

 

  • 502 Ahli Perencanaan Wilayah & Kota

Kelulusan Ijazah bisa dari Sarjana Wilayah dan Perkotaan / Arsitek / Planologi

Ahli Perencanaan Wilayah dan kota adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang wilayah dan perkotaan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan pembangunan wilayah dan perkotaan.

 

  • 503 Ahli Teknik Sanitasi&Limbah

Kelulusan Ijazah bisa dari Sarjana Teknik Lingkungan / Teknik Penyehatan

Ahli Teknik Sanitasi dan Limbah adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang lokasi dan proses sanitasi dan limbah, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan pembangunan sanitasi dan limbah

 

  • 504 Ahli Teknik Air Minum

Kelulusan Ijazah bisa dari Sarjana Teknik Lingkungan / Teknik Penyehatan / Teknik Kimia

Ahli Teknik Air Minum adalah ahli yang memiliki kompentensi merancang instalasi air minum, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan pembangunan instalasi air minum.

  • 601 Ahli Manajemen Konstruksi

Kelulusan Ijazah bisa dari seluruh jurusan Teknik

Ahli Manajemen Konstruksi adalah ahli yang memiliki kompetensi menyusun program dan perencanaan pembangunan konstruksi.

 

  • 602 Ahli Manajemen Proyek

Kelulusan Ijazah bisa dari seluruh jurusan Teknik

Ahli manajemen Proyek adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang program dan melaksanakan dan mengawasi pengelolaan proyek konstruksi.

 

  • 603 Ahli K3 Konstruksi

Kelulusan Ijazah bisa dari seluruh jurusan Teknik

Ahli K3 Konstruksi adalah ahli yang memiliki kompetensi membuat dan menyusun program dan perencanaan keselamatan kerja proyek konstruksi dan melakukan pengawasan atas penerapan sistem, program dan perencanaan keselamatan dan kesehatan kerja dalam pelaksanaan proyek konstruksi.

 

  • 604 Ahli Sistem Manajemen Mutu

Kelulusan Ijazah bisa dari seluruh jurusan Teknik

Ahli Sistem Manajemen Mutu adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang program dan merencanakan sistem manajemen mutu pelaksanaan proyek konstruksi dan melakukan pengawasan penerapan sistem, program dan perencanaan manajemen mutu proyek konstruksi.